Welcome. This blog contains vocational high school material

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 12 April 2012

Label:

Chuck rahang Tiga telah menjadi salah satu aksesoris yang paling mendasar mesin bubut, khususnya ketika ada pekerjaan produksi mengolah bahan berbentuk silender.
Menggunakan chuck rahang tiga tampaknya menjadi prosedur sederhana yang sudah umum , tetapi jika dipelajari lebih dalam,masih banyak tips dan usaha untuk merawat pencekam rahang tiga ini agar berfungsi optimal dalam membubut.

Dengan diperkenalkannya mesin bubut CNC, chuck rahang tiga menjadi lebih maju secara teknis, dengan penambahan sistem pendorong hidrolik dan pneumatik. Karena itu chuck rahang tiga dapat dikendalikan secara otomatis, keberadaan mereka di lingkungan manufaktur modern adalah penting.
Namun di postingan ini tentu saja kita akan membahas pencekam rahang tiga untuk mesin bubut konvensional.


chuck rahang tiga

Mungkin ada yang bertanya apa keuntungan menggunakan chuck rahang tiga dibandingkan chuck rahang empat. Memang ada saatnya dimana kita harus menggunakan chuck rahang empat. Seperti dibahas dalam topik yang lain,chuck rahang empat digunakan jika pekerjaan memang menuntut hal itu,ketika suatu benda kerja tidak bisa dicekam dengan chuck rahang tiga,entah karena membubut eksentrik,bentuknya yang segi empat dll.
Ketika pekerjaan mengharuskan benda kerja dipasang dan dibongkar dengan jumlah waktu dan usaha yang singkat, maka chuck rahang tiga adalah pilihan yang terbaik.
Chuck rahang tiga juga merupakan pilihan yang baik jika ada pekerjaan dalam jumlah besar untuk mesin bubut, dan operasi yang dilakukan tidak memerlukan tingkat presisi yang tinggi.

Ada kelemahan tertentu dalam menggunakan chuck rahang tiga. Chuck rahang tiga yang digunakan banyak menghasilkan keausan pada cekaman. Karena keausan, harus ada pemeliharaan yang dilakukan secara berkala.

Ketiga rahang chuck dianggap atau diasumsikan berjalan sempurna konsentris, namun yang sering terjadi tidak selalu begitu. Potongan tatal masuk ke dalam alur dari chuck dan ke ulir spiral. Chip tatal ini sering menyebabkan gulir dan gigi bagian bawah rahang untuk mengikat menjadi aus, dan akhirnya bagian-bagian ini akan hilang dan menjadi kurang sempurna. Akibatnya, chuck tidak mencengkeram benda kerja dengan sempurna bahkan bisa goyang dan tidak sentris.

Chuck rahang tiga terbatas dalam ukuran benda kerja yang mereka dapat pegang, dan umumnya tidak dianggap pilihan terbaik jika mesin tugas berat sedang dilakukan. Untuk itu rahangnya bisa diganti dengan rahang balik untuk bisa mencekam benda dengan diameter yang lebih besar. Untuk ukuran mesin yang lebih besar biasanya tidak ada rahang balik tambahan,tapi rahang chuck tersebut sudah dibuat terpisah antara bagian gigi di dalam dan bagian pencekam diluar yang bisa di bolak balik,dengan dua buah baut pengikat.
Perhatikan video berikut:

menggunakan chuck rahang tiga



Kadang-kadang, mungkin perlu membongkar chuck untuk pemeliharaan rinci. Melakukan hal ini Anda akan mendapatkan pengetahuan kerja chuck. Maka kita perlu melepas chuck dari spindel mesin bubut.
Ketika melepas dan atau memasang chuck selalu gunakan dudukan kayu
Perhatikan video berikut:

melepaskan chuck


Cara membuka dan memasang rahang Chuck

Lepaskan masing-masing rahang dari alur atau slotnya. Setiap rahang dan slot rahang bernomor. Ini memberitahu Anda mana rahang yang harus dipasang di slotnya. Beberapa chuck memiliki urutan membongkar3,2,1 dan memasang kembali 1,2,3. Chuck lainnya membalikkan ini. Maka kesalahan pemasangan bisa terjadi jika hanya memperhatikan nomornya saja.

Kuncinya, Perhatikan bahwa setelah melepas rahang,ia memiliki pola gigi berbeda untuk masing-masing. Ini harus lebih diperhatikan daripada apa yang baru saja Anda baca tentang nomor rahang dan urutannya. Jangan meletakkan kembali rahang di slot yang salah! dan selalu menempatkan mereka kembali dalam urutan yang benar!
melepaskan rahang chuck


Jika rahang pertama yang akan dipasang kembali adalah rahang # 1 kemudian cari Slot # 1, putar kunci chuck sampai ulir spiral terlihat memasuki slot # 3 dan kemudian kembali keluar sampai tidak terlihat.

Melanjutkan dengan asumsi bahwa rahang # 1 adalah yang pertama untuk dirakit, menjatuhkan rahang ke slot # 1 dan putar scroll sampai terikat ulir spiral chuck. goyangkan rahang dalam maju mundur sampai Anda yakin ulir nya telah mengikat.

Ulangi langkah-langkah untuk rahang # 2, dan # 3 di slot # 2 dan # 3.
Untuk lebih jelasnya,perhatikan videonya
memasang rahang chuck

0 Responses to Chuck Rahang Tiga,Aksesoris Utama Mesin Bubut: