Welcome. This blog contains vocational high school material

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 12 April 2012

Label: , ,

Membuat rumah pasak/spei pada sebuah poros umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin bor frais. Namun jika tidak ada mesin bor fraisnya pekerjaan membuat alur ini bisa juga dilakukan dengan mesin bubut. Tentu saja ukuran panjang alur akan terbatas dan ditentukan juga oleh besarnya diameter benda kerja. Prinsip kerja juga akan terbalik,yaitu chuck mesin bubut yang biasanya adalah tempat mencekam benda kerja akan kita jadikan chuck bor dan sebaliknya, tool post,tempat pahat bubut akan kita jadikan tempat mencekam benda kerja.
Gbr1.pencekam benda kerja
Yang kita perlukan adalah sebuah alat pencekam tambahan (klem) yang akan mengikat benda kerja terlebih dahulu sebelum dijepit dengan pemegang pahat bubut(Gbr1.). Bisa menggunakan sebuah boshing besi dengan lubang yang bisa disetel kekencangannya,lalu dilas dengan sebuah plat paralel yang akan kita jepit di pemegang pahat. Aturlah jarak keluarnya poros dengan langkah eretan melintang,yang dalam hal ini akan berfungsi sebagai meja geser fraisnya. Jangan lupa menyetel agar ketinggian benda kerja sepusat dengan spidel mesin bubut.

Selanjutnya,setelah semuanya siap lakukan langkah percobaan dan seterusnya hidupkan mesin bubut dan kita membuat alur rumah spei dengan mesin bubut.

Gbr2. pemasangan benda kerja dan mata bor frais
Dan kita telah membuat alur spei walaupun tidak memekai mesin bor frais... Hasilnya seperti di bawah ini.

Gbr3. hasil alur spei

0 Responses to Membuat Rumah Spei dengan Mesin Bubut: