Welcome. This blog contains vocational high school material

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 12 April 2012

Label:

Setelah memahami tehnik dalam membubut yang paling dasar di tutorial sebelumnya, sekarang kita akan melangkah mempelajari cara membuat lubang dengan mesin bubut atau cara membubut diameter dalam suatu benda kerja dengan menggunakan mesin bubut.

mengebor

Membuat lubang dengan mesin bubut bisa dilakukan dengan menggunakan mata bor yang dipasang pada chucknya dan disetel pada kepala lepas mesin bubut. Ini sama mudahnya dengan kita mengebor dengan menggunakan mesin bor bangku,cuma saja prinsipnya terbalik. Kalau mesin bor mata bornya yang berputar, maka di mesin bubut benda kerjanya yang berputar dan mata bornya tidak.


Namun besarnya lubang yang bisa dibuat tentunya hanya yang sesuai dengan mata bor yang kita punya /pakai. Bagaimana kalau kita ingin membuat suatu diameter lubang yang tidak ada yang sama dengan mata bor? Maka kita akan memakai pahat bubut lubang.



Penyetelannya hampir sama dengan pahat bubut muka. Sesuaikan panjangnya dengan kedalaman lubang yang kita butuhkan. Memang membubut lubang lebih sulit dibandingkan membubut luar. Hal ini dikarenakan

  • pahat akan bergetar karena lengannya yang menonjol
  • kita tidak bisa melihat mata pahat seperti membubut luar (maka disini kita mengandalkan suara yang dihasilkan untuk menganalisa proses)
  • tatal(sisa pemakanan) akan mengganggu proses pemakanan pahat itu sendiri, maka secara berkala tatalnya harus dibuang saat mengembalikan pahat ke posisi awal
membbubut lubang
Itulah prinsip dari proses pembubutan dalam atau membubut lubang suatu benda kerja. Dalam aplikasi nyatanya, tingkat kesulitan akan ditentukan oleh hal-hal berikut:

  • besar kecilnya lubang, membubut diameter 12.5 tentu akan lebih sulit dibanding 50.5
  • tingkat kekerasan bahan
  • tingkat keteletian
  • kedalaman lubang

0 Responses to Membubut Diameter Dalam (Lubang):